Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

MEREKA YANG MENGINSPIRASI

Sarfin Laando oleh Sarfin Laando

Dalam perjalanan hidup ini selalu saja ada hambatan-hambatan. Entah itu yang datang dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri. Hambatan tersebut biasanya memiliki efek atas kinerja dan akifitas. Yang kebanyakan efek itu bisa menimbulkan ekses kurang baik untuk pekerjaan yang kita lakukan.

Oleh sebab itu manusia butuh hal yang bisa membuat sesuatu itu menjadi normal dan tanpa hambatan. Salah satunya adalah inspirasi. Mengapa harus inspirasi? Sebab inspirasi kebanyakan bisa menjadi hentakan atau umpan balik (feedback). Umpan balik dari keadaan awal yang kurang baik menjadi keadaan yang lebih baik. Atau yang dari keadaan awal hanya diam kemudian berubah menjadi keadaan bergerak. Inspirasi adalah sumber kekuatan dan juga sumber energi bagi jiwa-jiwa yang membutuhkan semangat untuk menghasilkan karya.

Inspirasi inilah yang membuat saya semakin bersemangat menjalani hidup ditengah tekanan yang begitu kuat. Tanpa inspirasi mustahil seseorang bisa beraktifitas normal menghadapi keadaan yang serba tidak tentu. Inspirasi merupakan suplemen bagi pikiran untuk terus melangkah dan merealisasikan cita-cita.

Terus dari manakah kita bisa mendapakan inspirasi?  Sebenarnya kita bisa mendapatkan inspirasi kapan saja dari mana saja, tidak mengenal ruang dan juga waktu. Akan tetapi jika dibuat peringkat dari mana saja sumber inspirasi bisa didapatkan, maka yang paling pertama tentunya adalah dari dzat yang tiada Tuhan selain Dia, sang pencipta alam semesta Allah Swt. Sebab disekitar kita banyak Allah sediakan berbagai hal yang menjadi inspirasi.

Tulisan ini pun sebenarnya lahir dari inspirasi tentang betapa agungnya kebesaran Allah melalui ciptaanNya. Mau ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh tapi keadaan gelap gulita karena ada pemadaman listrik di seluruh bagian kota. Berjalan ditengah kegelapan justru melihat indahnya sinar dari berjuta deretan bintang-bintang yang ada dilangit. Inspirasi bahwa ketika ada kegelapan disekitar kita, maka ada cahaya lain yang akan menyinari. Maha besar Allah dengan segala ciptaanNya.

Sumber kedua tempat saya mendapatkan inspirasi adalah kedua orang tua saya. Ya kedua orang tua yang melahirkan, membesarkan dan menafkahi saya. Inspirasi dari orang tualah yang membuat saya tetap tegar menghadapi keadaan, memberi semangat ketika saya bosan dengan keadaan hidup. Inspirasi itu muncul ketika melihat wajah mereka yang sudah semakin menua. Bahwa mereka telah merawat dan mendidik saya sampai saya sebesar ini, maka kapan lagi saya harus berbakti dan membahagiakan mereka kalau bukan sekarang. Memang saya belumlah menjadi orang yang sukses, tapi bukan berarti mereka gagal mendidik saya. Justru dari merekalah saya mendapatkan nilai kehidupan, yang itu belum tentu didapatkan anak lain dari orang tua mereka.

Tempat ketiga saya mendapatkan inspirasi adalah jamaah tarbiyah. Dijamaah inilah saya mendapatkan berbagai hal tentang kehidupan. Jamaah tarbiyah adalah sekolah kehidupan yang sebenarnya tempat kita menimba ilmu dan pengalaman. Jamaah ini memiliki orang-orang hebat dari berbagai macam bidang. Orang-orang yang bekerja dengan satu visi yang sama, bekerja meraih ridho dan berkah Allah Swt. Orang-orang tarbiyah yang mengajarkan arti sebuah persaudaraan, persaudaraan islam yang tidak dibatasi oleh berbagai macam latar belakang. justru inspirasi yang menjadi sumber kekuatan didapatkan ketika persaudaraan itu melekat begitu kuat, tidak membatasi ruang dan waktu. Entah mereka yang berada di luwuk, di Palu, di Poso, di Manado, di Makassar, di Kalimantan, di Jakarta, maupun ditempat lain di bumi Indonesia maupun negara lain.

Selain itu inspirasi lain saya dapatkan dari orang-orang yang saya tidak pernah bertatap muka secara langsung dengan mereka tapi bisa membuka wawasan saya. Wawasan yang dihasilkan melalui diskusi dan tukar pikiran melalui media komunikasi pesan pendek maupun dunia maya. Ada yang di makassar, yang sekarang dia ingin konsisten dengan keislamannya dengan memakai cadar. Ada juga yang di bandung, seorang superior di alam terbuka melalui outbond dan petualangan. Petualangannya saat ini adalah menjadi relawan di aceh, yang beberapa pekan kedepan akan berangkat ke palestina dalam misi humanity care.

Saya bangga atas semua hal yang menginspirasi. Inspirasi adalah sumber kekuatan, maka dapatkanlah ia dari Allah melalui ciptaanNya yang ada dilangit maupun yang ada dibumi.
Untuk semuanya selamat mencari inspirasi untuk menambah energi jiwa dan pikiran.

 # Catatan Admin.
pas lagi  buka fb ada pemberitahuan, rupanya catatan singkat sarat makna dari seorang sahabat...
           Jazakumullah saudaraku, semoga ini kan menjadi inspirasi setiap yang membacanya...


0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......