Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

Terlarang di Zaman Nabi, Kini Diserukan Para ‘Ustadz’

Betapa jauhnya jarak keshalehan diri dan generasi ini dengan pencapaian para sahabat Nabi dan generasi setelahnya. Jika kini sebagian besar dari kita merasa bangga dengan sesuatu yang bukan dari Islam tapi nampak islami, kemudian mencari banyak dalih untuk membenarkan ajaran yang kita serukan, para sahabat justru sangat teliti bahkan takut tatkala apa yang mereka amalkan-serukan berbeda dengan yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Dulu, hal ini menjadi terlarang. Bahkan para sahabat sangat menjaga diri untuk tidak menyentuhnya. Namun, di zaman akhir ini, oleh para motivator dan sosok-sosok keren berdasi yang kemudian di-ustadz-kan, apa yang terlarang di zaman Nabi ini menjadi komoditas laris sebab dibungkus dengan dalil yang dipaksakan.

Para oknum motivator dan ‘ustadz’ itu, misalnya, dengan mudah berdalih, “Spesifikkan dalam berdoa. Agar semuanya menjadi kenyataan. Bahkan alam akan mendukung apa yang kita niatkan.” Lalu, dengan berapi-api, mereka mengatakan, “Mintalah detail. Mobil keluaran terbaru, tahun sekian, dari perusaah ini, warnanya, jumlah rodanya, jenis kursinya, kaca spionnya, harganya, dan lain sebagainya.”

Seakan-akan, mereka memiliki kuasa untuk mengatur Allah Ta’ala agar menuruti semua nafsunya dengan dalih, “Allah bersama prasangka hamba-hamba-Nya.” Padahal, sikap demikian itu sangat jauh dari apa yang mereka jadikan sebagai dalil.

“Ya Allah,” ucap anak dari ‘Abdullah bin Mughaffal, “sesungguhnya aku memohon kepada-Mu istana putih di sisi kanan surga, apabila saya memasukinya.”

Apa yang dipinta oleh anaknya ini, diingatkan oleh ayahnya, “Wahai anakku, mintalah surga kepada Allah Ta’ala, dan berlindunglah kepada-Nya dari neraka.” Pasalnya, ‘Abdullah bin Mughaffal pernah mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya akan ada suatu kaum dari umat ini yang berlebih-lebihan dalam bersuci dan berdoa.” (Hr. Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah)

Berlebih-lebihan. Itulah tafsir dari permintaan: istana berwarna putih, di sebelah kanan surga, apabila memasukinya (surga).

Senada dengan riwayat ini, ada juga orang yang berdoa, “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu surga dan kenikmatannya, keindahannya, dan demikian, demikian. Dan aku berlindung dari neraka, rantai-rantai, serta belenggu-belenggunya.”

Padahal, surga dan kenikmatannya adalah satu paket utuh. Sedangkan neraka dan siksaan di dalamnya adalah kesatuan yang mustahil dipisahkan satu dengan lainnya. Mereka yang berdoa meminta surga secara detail saja dikatakan berlebih-lebihan, bagaimana dengan orang yang hanya meminta dunia, mobil, sawah, dan perihal duniawi lainnya, lalu melupakan akhirat yang abadi? Semoga Allah Ta’ala melindungi kita. Aamiin. [Pirman] 

sumber klik

0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......