Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

Efektivitas Penyampaian Pesan dalam Public Speaking

Oleh : Cahyadi Takariawan
gambar : google
gambar : google
Banyak aktivis dakwah melakukan public speaking, namun pesan tidak bisa diterima secara efektif oleh audiens. Hal ini menandakan, public speaking telah gagal menyampaikan pesan sebagaimana yang dimaksud. Padahal public speaking dilakukan dalam rangka menyampaikan sebuah pesan tertentu kepada orang lain, yang oleh karena itu harus tersampaikan secara efektif.

Pesan bisa disampaikan secara efektif dengan cara verbal dan non verbal. Di antara faktor yang mendukung tersampaikannya pesan dalam public speaking adalah:

1. Ekspresi suara
Hal ini berkaitan dengan bagaimana kita memproduksi suara serta mengolahnya. Yang terkait dengan ekspresi suara adalah intonasi, tempo, volume suara dan gema. Latihan teknik pernafasan dan alat-alat pengucapan sangat baik untuk menghasilkan ekspresi suara yang bagus.

2. Ekspresi wajah
Wajah yang bersemangat berbeda dengan wajah emosional. Wajah ceria berbeda dengan wajah yang sedih. Wajah yang kocak berbeda dengan wajah serius. Ekspresi wajah harus sesuai dengan suasana forum dan materi pembicaraan. Wajah sedih tepat untuk pembicara pada upacara takziyah kematian. Wajah semangat tepat untuk kampanye dan khutbah.

3. Kontak mata
Salah satu cara komunikasi efektif adalah kontak mata. Pembicara yang selalu menunduk atau selalu menengadah, akan kehilangan komunikasi dengan audiens. Tataplah mata audiens secara merata dan sopan, tidak hanya kepada orang tertentu atau kelompok tertentu saja. Lakukan dengan hati-hati, jangan norak, agar tidak menimbulkan salah persepsi.

4. Bahasa tubuh
Bahasa tubuh meliputi sikap tubuh dan gerakan tangan. Sikap tubuh bisa mencerminkan kesungguhan dalam berkomunikasi, dan sebaliknya. Gerakan tangan bisa membantu memberikan penekanan terhadap pesan yang anda sampaikan. Ingat, semua harus dikelola secara poporsional, jika terkesan over acting justru mengganggu proses penyampaian pesan.

5. Penampilan
Hal ini meliputi bagaimana kita berpakaian, posisi tubuh ketika duduk, berdiri, berjalan dalam public speaking. Perhatikan kesesuaian pakaian anda dengan suasana forum, audiens dan kultur masyarakat setempat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......