Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

Pemimpin Ideal Dalam Perspektif Islam

Seorang pemimpin dalam me-manage umatnya, bawahannya, kelompoknya, organisasinya harus mempunyai kemampuan, kecakapan, keterampilan, kecakapan dan keahlian memimpin dan menggerakan orang-orang yang  berada di bawah pipmpinannya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam pencapaian tujuannya yang telah ditentukan. Kemampuan atau keahlian itu disebut dengan istilah managerial skill.
Begitu juga seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik bahkan dapat dikatakan bahwa tiada kepemimpinan tanpa komunikasi. Komunikasi berperan sangat penting dalam hal berhasil atau tidaknya suatu kepemimpinan. Seorang pemimpin yang sukses diantaranya adalah keahlian dirinya dalam menguasai komunikasi yang efektif.
Maka perspektif Islam syarat seorang pemimpin yang ideal adalah:
1.    Seorang pemimpin harus selalu komitmen terhadap ajaran Islam dalam situasi bagaimanapun.
“Ana muslimun qabla kulli syai-in” (Jamaludin al-Afghani).
 “Sebelum bertindak apapun aku adalah seorang muslim”.
Dalam situasi seperti apapun seorang muslim harus terikat dengan ajaran agamanya. Begitu pula dengan seorang pemimpin baik ketika dia berada dalam posisi kepemimpinan formil atau informil, atau juga dalam posisi sebagai pemimpin keduniaan maupun agama. Seorang pemimpin harus mampu menganalisa situasi dan kondisi di sekitarnya. Ia dituntut untuk mendayagunakan waktu dan ruang se-efesien dan se-efektif mungkin dalam melaksanakan amanah yang diberikan di atas tanggung jawabnya tersebut. Seorang pemimpin juga harus mampu mendayagunakan kekuatan kelompoknya, memberikan bimbingan (guidance) dan sekaligus panadai memberikan arahan dan nasihat (counceling), karena disadarinya bahwa kepemimpinannya tidakalah berarti tanpa dukungan dari manusia yang lainnya.
2.    Kekuatan Aqidah
Aqidah adalah keterikatan seseorang terhadap ajaran-ajaran Islam yang tidak sekedar dipercaya tetapi lebih dari itu, ajaran tersebut diyakini sebagai suatu prinsip yang Maha Benar, karena dia bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah yang merupakan aplikasi dari konsepsi tingkah laku. Untuk itu, seorang pemimpin Islam hendaknya mampu menggali ide-ide yang digariskan ajarannya. Bahkan dia mampu berargumentasi untuk menyatakan keyakinannya tersebut.
3.    Amal Sholeh
Kekuatan aqidah merupakan tulang sumsum tubuh kepemimpinan dan aqidah ini hanya berarti apabila dimanifestasikan dalam bentuk action, yaitu semua perbuatan nyata yang sejalan dan senafas dengan ajaran agama. Dengan amal sholeh berarti seorang pemimpin dituntut untuk memiliki wawasan yang jauh, dia pandai membuat suatubrencana dan program, dan seorang pemimpin juga harus memiliki daya imajinasi serta kreativitas yang tinggi untuk menjabarkan keinginannya dalam realitas. Dalam hal bertemunya benturan antara action dan aqidah. Karena situasi tertentu, maka hendaknya yang harus dirubah actionnya, bukan menodai nilai dasarnya, walaupun dengan alasan teknik dan situasi kondisi sekalipun.
4.    Kekuatan Ilmu
Seorang pemimpin Islam sangat commited terhadap rasa kebenaran dan keadilan. Dengan demikian dia adalah menrupakan seorang yang memiliki karakter yang senantiasa merasa haus akan ilmu karena hanya dengan ilmu itulah dia mempu membedakan antara yang baik dan yang buruk antara yang merugikan dan menguntungkan. Dengan kekuatan ilmunya, seorang pemimpin akan terus waspada, tidak pernah cepat menerima setiap gagagasan dari luar karena dia lebih dahulu harus mempertimbangkannya. Seorang pemimpin harus mempunyai daya analisa atau daya nalar yang tinggi terhadap situasi yang ada disekitarnya. Dia mampu merangkaikan antara satu fakta dengan fakta lainnya, sehingga dia bukanlah seorang tipe manusia yang gampang memutuskan suatu permasalahan. Pentinya seorang pemimpin memiliki keahlian khusus agar dengan keahliannya tersebut dapat dijabarkan konsep-konsep dari cita-cita kepemimpinannya.
5.    Kuat dalam Kesabaran
Seorang pemimpin, bukanlah seorang yang mempunyai kekuatan sepenuhnya, tetapi terkadang dia dihadapkan kepada berbagai tantangan baik intern maupun ekstern. Tantangan intern misalnya: mengambil keputusan yang bijaksana, menjelaskan konsep tindakannya dan lain-lain.sedangkan dari fihak ekstern adalah kompetisi ideal dikalangan kelompok lainnya yang justru lebih bisa  yang lebih kuat. Sehingga tidak menghilangkan kemungkinan bahwa pemimpin tersebut akan dihadapkan dengan issu, propaganda lawan dan lain-lain. Dalam situasi total tersebut, maka pemimpin dituntut tingkat kesabaran yang tinggi.
6.    Berani dan Konsekwen
Pemimpin harus memiliki perhitungan, dan perhitungan tersebut harus mampu dinyatakan. Kemampuan untuk menyatakan idea hanya mungkin apabila dia itu memiliki keberanian moral maupun pisik. Keberanian tanpa perhitungan atau analisa, dan pertimbangan untung rugi adalah kenekadan (emosional). Dengan demikian syarat berani dan konsekwen atas gagasannya merupakan karakter seorang pemimpin.
7.    Mampu Berkomunikasi
Kepemimpinan tanpa komukasi yang baik akan menimbulkan berbagai akibat apakah kesalahpahaman, salah pengertian atau bisa menimbulkan opini negatif terhadap gagasannya tersebut yang jemudian akan menimbulkan kerugian bagi dirinya. Sebagaimana kita ketahu bahwa Nabi Muhammad adalah seorang pemimpin  yang begitu sempurna dalammenyampaikan ide-ide nya. Dalam hal menyampaikan atau mengkomunikasikan  suatu pesan tertentu Nabi Muhamad tidak jarang mengulang suatu ucapan tertentu, sesudah dapat diperkirakan bahwa pesannya ini sangatlah penting dan guna menghindari kesalahpahaman dari pengikutnya.
Dengan kemampuan berkomunikasi seorang pemimpin itu mampu menyampaikan idea-idenya sehingga akan terpelihara integritas kelompok dan tersebar misinya.?

0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......