Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

Cara Praktis Cerdas Spritual

kiat, dan caranya. Orang yang cerdas secara spiritual itu seperti apa sih rasanya? Otak dan tubuhnya beroperasi seperti apa?
 
Menurut Erbe Sentanu, cerdas secara spiritual atau dekat dengan tuhan itu harus dibuktikan dengan berada di Zona Ikhlas yang mensyaratkan tiga hal, yaitu gelombang otaknya harus lebih banyak dalam posisi Alpha dan Theta, kemudian sistem perkabelan otaknya (neuropeptide) serasi dan memunculkan perasaan tertentu kepada Thuan, lalu tubuhnya harus cukup mengandung hormon serotonin, endorfin dan melantonin dalam komposisi yang pas. Dalam kondisi tersebut, maka dengan sendirinya ciri-ciri kecerdasan spiritual akan muncul.

Tanpa ketiga syarat tersebut, agak sulit dipercaya. Misalnya seorang mengaku dekat dengan Tuhan tapi hormon di tubuhnya dominan kortison, yaitu hormon yang muncul pada saat stres, bagaimana mungkin?. Seseorang yang dekat dengan Tuhan semestinya lebih banyak berada dalam kondisi khusyuk, kondisi rileks, dan hormon di tubuhnya pasti hormon yang bagus seperti hormon DHEA, serotin, endorfin, dan melantonin.
Mempelajari kecerdasan spiritual tidak bisa begitu saja lewat buku, karena hasilnya hanyalah pemahaman kecerdasan spiritual lewat logika, apalagi kalau membacanya sambil stres, akan lebih efektif bila menggunakan Brainwave Technology, yaitu dengan mendengarkan Digital Prayer Brainwave Management yang berfungsi menarik gelombang otak ke Alpha dan Theta selama 20 menit pada pagi dan malam hari.

Apabila hal tersebut bisa berlanjut hingga 40 hari, maka hormon – hormon yang baik dan menenangkan akan diproduksi oleh tubuh. Saat itu dia akan melihat hidup ini dengan cara lain, menjadi mudah bersyukur, mudah merasa terharu.

Memunculkan perasaan mudah bersyukur itu penting sekali karena rasa syukur bisa diartikan sebagai kemampuan menikmati hidup ini apapun kondisinya, sehingga susah ataupun senang rasanya tetap nikmat. Rasa syukur yang benar, dalam arti betul-betul menghayati nikmatnya hidup, juga sangat membantu memunculkan kecerdasan spiritual.

Namun, di masyarakat luas, pengertian cerdas spiritual lebih sering diartikan rajin sholat, rajin ibadah dan hal lain yang berhubungan dengan agama. Padahal kecerdasan spiritual itu adalah kemampuan seseorang untuk  memberi makna dalam kehidupan.
Menurut Tony Buzan Pakar mengenai otak, ciri orang cerdas spiritual diantaranya adalah senang berbuat baik, senang menolong, telah menemukan tujuan hidupnya, jadi merasa memikul sebuah misi yang mulia kemudian merasa terhubung dengan sumber kekuatan di alam semesta (Tuhan).

Dibulan Ramadhan ini, adalah moment yang tepat bagi umat muslim untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, karena dibarengi dengan salah satu nikmatnya menjalankan ibadah puasa. Selamat mencerdaskan Spiritual Anda.

*http://quantumikhlas.com/?p=756#more-756

0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......