Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

ERDOGAN REALISASIKAN MIMPI SANG KHILAFAH 150 TAHUN LALU



Lebih dari 150 tahun yang lalu , Sultan Usmani Khalifah Abdulhamid mengimpikan dan membuat sketsa gambar pembangunan  terowongan di bawah air yang  menghubungkan kerajaannya dari asia menuju  Eropa .
Namun, kurangnya teknologi saat itu dan pembiayaan  mencegah rencananya  dari memenuhi visinya .
Pada hari Selasa ini , rencana khalifah  akhirnya akan direalisasikan oleh  Turki modern dengan membuka terowongan rel kereta api Marmaray yang  menghubungkan sisi Eropa dan Asia di kota bersejarah ini .
” Pendahulu  kita rencanakan ini [ proyek terowongan ] . Dan kini  kita yang  mewujudkannya , ” kata Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan , menurut situs berita Middle East Online .

Sementara terowongan tersebut secara resmi akan dibuka pada Selasa , tetapi  rel  kereta api belum  sepenuhnya dapat melakukan operasionalnya.

Pejabat pemerintah Turki menyatakan dalam  konferensi persnya,  bahwa terowongan tersebut memiliki kapasitas maksimum 1,5 juta penumpang per hari , dan diharapkan dapat  meringankan 20% beban  lalu lintas padat di Istanbul , menurut Hurriyet Daily News .

Erdogan mulai mencanangkan pembuatan  terowongan ini sejak  tahun 2004 , dan proyek ini sebagai salah satu dari banyak proyek ambisiusnya termasuk pembuatan  jembatan ketiga, Dermaga paralel, dan bandara udara ketiga di kota itu.

Pembangunan terowongan dijadwalkan selesai dalam  empat tahun , tapi terjadi serangkaian penundaan karena banyak ditemukan  artefak bersejarah di lokasi  tersebut . (Arby/Dz) 

0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......