Assalamu Alaikum, Selamat datang Saudaraku. Semoga BLOG ini bermanfaat dan harapan kami agar Anda sering datang berkunjung. Wassalam. ==> YAHYA AYYASY <==

Sikap Lemah Lembut Lebah

Pernahkah memperhatikan bagaimana seekor lebah menghisap sari bunga  ?
Hinggapnya seekor lebah sangat lembut hingga tidak dirasakan oleh bunga. Dia menghisap sarinyapun dengan sangat lemah lembut. Lebah mendapatkan apa yang dia inginkan dengan cara yang sangat halus. Berbeda dengan burung, meski yang bertubuh kecul, cara hinggapnya memberitahu kepada orang-orang disekitarnya bahwa dia hinggap, hingga dahannya bergoyang. Ketika hinggap menjatuhkan beban tubuhnya dan jika terbang mendorong dahan yang di hinggapinya. Ada sebuah analogi yang punya nilai mendidik cukup dalam "Burung itu tidak akan berlaku lembut seperti halnya lebah " , dalam suatu hadist juga disebutkan hal yang hampir sama "Sesungguhnya orang mukmin itu laksana lebah, yang makan makanan yang baik dan mengeluarkan sesuatu yang baik. Dan jika hinggap pada sebatang ranting tidak membuatnya patah."

Bersikap lemah lembut pula yang dilakukan petani lebah untuk mendapatkan manfaat madu lebah, pantang bersikap kasar pada lebah, dia bisa membalas dengan lebih kasar. Dari perangai lemah lembut , manusia bisa mendapatkan sejuta manfaat dari madu. Kelembutan adalah penolong yang tidak pernah menolak jika dimintakan kebutuhannya. Dari mereka kita bisa belajar, bagaimana mengambil manfaat dari lingkungan, namun tidak merusak nya .

Dari sejumlah ulama salaf yang pernah saya baca kisah-kisah mereka, menyebutkan bahwa tanda kedalaman pemahaman seseorang terhadap agamanya adalah sikapnya yang lemah lembut ketika masuk ke dalam rumah, ketika mengenakan baju, melepaskan sepatu, mengendarai kendaraan dan juga dalam bertutur kata dan bersikap. Sikap terburu-buru dan gegabah dalam melakukan sesuatu akan mendorong ke arah bahaya, hilangnya manfaat dan merusak. Sebab kebaikan itu dibangun di atas kelemah-lembutan. "Tidaklah kelembutan itu ada dalam sesuatu, kecuali dia akan menghiasinya, dan tidaklah kekasaran itu ada pada sesuatu kecuali dia akan mencemarkannya."
 
"Sesungguhnya Allah Maha Lembut dan senang kelemahlembutan. "(Al hadits)
  
Blog 

0 Komentar:

Posting Komentar

Kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas Artikel ini....tapi, Mohon Maaf kawan Komentarnya yang sopan ya....he..he..he..

Recent Post widget Inspirasi Rabbani

Menuju

Blog Tetangga

Blog Tetangga
Klik Gambar untuk Berkunjung

Luwuk Banggai SULTENG

Luwuk Banggai SULTENG
ebeeee......